pantai wisata belitung

PANTAI WISATA BELITUNG


 

DI SUSUN OLEH

NAMA         : M. ARMAN AJMAD

ANGKATAN     : 2009

 

PROGRAM STUDY MANAJEMEN SUMBER DAYA PERAIRAN

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

UNIVERSITAS KHAIRUN

TERNATE

2012

 

 

Eksotisme Pantai Indah Belitung

  1. Pantai Tanjung Kelayang



Panti Tanjung Kelayang


Pantai Tanjung Kelayang



Karena sejarahnya, banyak orang mengenal Belitung atau yang dikenal juga dengan sebutan Belitong sebagai pulau timah. Pun begitu, keindahan Belitung sebagai pulau istimewa yang memilik ibanyak pantai berhiaskan pasir putih dan bebatuan granitartistik tetap tak bias di sembunyikan.

Kekayaan wisata bahari Indonesia memang luar biasa. Saya pun bangga dengannya, termasuk dengan eksotisme Pulau Belitung dan pantai-pantainya. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah salah satu pantai yang indah, yang ada di Pulau Belitung ini. Pantai berpasir putih dengan latar langit biru seakan bercengkerama dengan jernihnya air laut yang senantiasa bergulung ombak. Takhanya itu, kokohnya sekumpulan batugranit dengan bentuk-bentuk yang unik makin mempercantik Pantai Tanjung Kelayang.

 

  1. Pantai Tanjung Tinggi



 

Pantai Tanjung Tinggi

    Anda tahu film Laskar pelangi ?nah salah satu tempat syutingnya adalah di pantai tanjung tinggi – belitung. Pantai ini berpasir putih dan mempunyai batu granit yang paling besar diantara pantai lainnya.

Di sore hari dapat kita jumpai keluarga atau pun anak-anak sedang bermain air di pantai ini. Di tanjung tinggi – Belitung ini dapat kita jumpai banyak restoran seafood. Yang menjual anekah idangan seafood, dan tentunya kelapa muda.Nikmat bukan berada di pantai yang indah dan menikmati kelapa muda yang segar ?

Setelah Pantai Tanjung Kelayang, selanjutnya ada Pantai Tanjung Tinggi yang tak kalah indah. Di tepian pantai berjajar bebatuan granit. Makin ketengah, maka akan terlihatlah pasir putih yang bersih berbalut pepohonan yang tumbuh alami di sisinya. Di pantai ini juga, sebagian air laut singgah kepantai dengan melewati bebatuan.

Pantai bias jadi keunggulan pariwisata paling wahid yang ada di Pulau Belitung. Kebanyakan pantai yang ada menghadap langsung kelaut Cina Selatan. Di bagian timur Belitung, pantai menawan lainnya seperti Pantai Burung Mandi, Pantai Nyiur Melambai, dan Pantai Punai juga menanti untuk disinggahi dan dinikmati keindahannya.

Pantai di pulau ini hamper semuanya berpasir putih yang lembut. Apalagi dihiasi dengan batu-batu besar. Memberikan kesan pantai ini sangatlah unik.

Adapun tempat wisata yang cukup popular di pulau Belitung ini adalah

  • Pantai tanjung pendam
  • Pantai tanjung kelayang
  • Pantai tanjung tinggi
  • PulauBurung
  • Pulau Lengkuas

Untuk mencapai pulau Belitung ada dua akses yaitu melalui pesawat terbang dan melalui kapal laut. Namun untuk berwisata kami anjurkan untuk naik pesawat saja. Karena naik kapal laut membutuhkan waktu yang lama, sedangkan dengan pesawat kita hanya perlu 1 jam saja dari bandara soekarno hatta Jakarta. Kebandara Hanadjoedin di kota Tanjung pandan (belitung).

Dari Kota Tanjung pandan kita dapat langsung berwisata kepantai-pantai yang eksotis di belitung, seperti pantai tanjung kelayang atau pun tanjung tinggi. Kira-kira 1 jam perjalanan.

 

  1. Pulau Lengkuas dan pulau burung.

Nah ini dia the bestnya belitung. Pulau ini dapat kita kunjungi via tanjung kelayang yaitu dengan menyewa perahu nelayan.


Dibutuhkan waktu kira-kira ½ jam untuk mencapai pulau ini, di perjalanan dapat kita lihat batu-batu granit besar yang tersebar di lautan. Dan bentuknya pun aneh-aneh, air nya biru, langitnya biru. Mantap. Jika anda menerawang kedalam lau tan, anda akan takjub karena di dalam laut pun ternyata banyak batu-batu granit.


 

Sesampainya di pulau lengkuas, kita akan menjumpai sebuah mercusuar yang masih beroperasi hingga saatini. Mercusuar ini tingginya setara dengan gedung 12 lantai, kurang lebih 50 meter. Jika ingin, kita dapat naik kepuncak mercusuar dan mengalami sensasi lelah naik tangga yaitu berkeringat dan ngos-ngosan. Namun setelah anda sampai di puncaknya rasa lelah pun terbayar tunai, karena dari atas mercusuar ini dapat kita lihat peman dangan luar biasa. Pemandangan batu-batuan granit yang seakan-akan berserakan dilautan. Serta pemandangan lautbiru yg wow Mantap

 


Oh ya bagi yang belum tahu Fungsi dari mercusuar adalah membantu navigasi kapal laut. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, sudah banyak kapal laut yang tidak menggunakan mercusuar, karena sudah menggunakan teknologi GPS (global positioning satellite)

Pantai Burung Mandi. Merupakan sebuah pantai pasir putih di belitung, namun yang anehnya tidak ditemui satupun batu granit besar seperti di tanjung tinggi ataupun tanjung kelayang. Di pantai ini juga dapat kita jumpai kedai-kedai yang menjual kelapa muda, Pantai ini diberinama burung mandi karena pantai ini dekat dengan gunung burung mandi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s